Berkaca pada pemain bola liga Inggris

مَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَى (٢

“Kami tidak menurunkan Al-Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah” (QS. 20:2)

Selamat pagi! Bonjour! Apa kabar para pembaca sekalian? semoga dalam kondisi sehat selalu. Kali ini saya akan menulis topik kesukaan semua orang yaitu sepak bola. Dan ini pertama kalinya saya menaruh 1 ayat Al-Quran di awal tulisan karena terinspirasi dari blog ini http://theprimadita.blogspot.co.uk/search/label/%231Hari1Ayat yang mengajak untuk menulis  para pembacanya 1 day 1 ayat. Anyway, Olahraga yang berjumlah pemain 11 dalam 1 tim ini mampu menyatukan semua budaya, suku, agama, ras dan golongan untuk fokus memperebutkan bola dan mencetak gol kedalam gawang lawan. Hal yang sangat menarik bagi saya adalah hubungan antara sepakbola Muslim dan liga Inggris, keduanya tidak bisa dipisahkan dan selalu membawa berita segar. Negara Inggris merupakan negara yang populasi Muslimnya terbesar di Eropa sehingga wajar saja, Muslim yang berprofesi sebagai pesepakbola hingga Tahun 2013 sudah berjumlah 40 pemain. Kemudian ditambah lagi di jajaran petinggi klub atau investor dimana juga ga kalah seru memperebutkan saham klub Inggris. Perusahaan penerbangan dari Abu Dhabi, Emirates, menandatangani 15 tahun kontrak kepada klub Arsenal dan membangun stadium yang berkapasitas 60.000 penonton sehingga namanya menjadi Emirates Stadium. Dari negara yang sama, juragan minyak Syeikh Mansour di Tahun 2008 membeli saham klub Manchester City menyeluruh atau 100%. Kemudian di non-liga premier ada Leeds United yang sahamnya dimiliki oleh Gulf Finance House dari negara Bahrain dan Nottingham Forest oleh Al-Hasawi Group dari negara Kuwait.

Semenjak para investor dari negara-negara Arab menanamkan modalnya mengakibatkan jumlah pemain Muslim bertambah untuk berkompetisi di liga Barclays Premier tersebut. Ada beberapa nama yang akan saya bahas, let’s have a look:

Mesut Özilmesut_10 Arsenal
Pemain yang sekarang bermain di Arsenal ini merupakan keturunan berdarah Turki dan Jerman. Dia lahir dan besar di Jerman dan juga memulai karir sepakbola hingga membawanya ke Real Madrid. Dia selalu membaca Al-Quran setiap harinya dan selalu berdoa sebelum memulai pertandingan, biasanya kalau sedang berdoa dia akan menyendiri agar tidak diajak ngobrol oleh teman-temannya. Saat bulan Ramadhan dia merasa sulit untuk berpuasa saat ada pertandingan, sehingga dia memilih untuk tidak berpuasa dan menggantinya setelah bulan Ramadhan selesai. Karena pada waktu musim panas, bulan Ramadhan bisa lebih panjang dibanding negara kita, waktu berbuka puasa sekitar jam 9 malam dan waktu sahur jam 5 pagi jadi siap-siap bagi yang mau berpuasa di negara ini. Foto disebelah kiri saat saya mengunjungi Emirates-Stadium-luar-biasa-besar-sekali dan foto sebelah kiri adalah foto twitter Mesut Ozil saat menyatakan tidak merayakan hari Valentine.

Demba Bademba-ba-papiss-cisse-360Chelsea
Justru disaat bulan Ramadhan dimana pemain tidak boleh makan dan minum hingga waktu berbuka, penyerang asal Perancis, Demba Ba malah menjadi lebih produktif untuk mencetak gol. Ketika Demba Ba masih merumput di Newcastle United, para fansnya membuat nyanyian yang berjudul ‘Ramadhan Song’ yang liriknya ‘Demba scored 4 since Ramadan! He just can’t get enough!’  Bahkan anak-anak kecil di lapangan bola kota Newcastle merayakan sujud syukur saat mencetak gol ke gawang lawan walaupun mereka juga kurang paham apa artinya. Dia mengatakan bahwa agama adalah hal yang paling penting, lebih penting daripada bermain bola. Foto disebelah kanan saat Demba Ba sujud syukur bersama rekan setimnya Papis Cisse, dan foto sebelah kanan sudah pasti Stamford Bridge🙂

Adnan Januzajjuanaz MU
Pemain kelahiran Belgia Tahun 1995 ini dipercaya sebagai pemain Muslim pertama yang mampu mencetak gol bagi klub Manchester United. Orang tuanya berasal dari negara Kosova dan Albania tapi dia lahir di negara Belgia, bahkan keduanya masih mengalami perang di negaranya. Pemain muda yang produktif mencetak gol ini juga pernah mengupload foto didalam akun instagramnya dengan tulisan “Happy Eid Mubarak to all my Muslim Fans“. Foto sebelah kanan ketika Januzaj bersama rekan setim juga seniornya Van Persie dan foto sebelah kiri tentunya semua juga sudah paham dimana lokasinya..hehe

Ali Al-HabsiAl-Habsi
kiper yang merumput di Wigan ini diharuskan oleh pelatihnya untuk latihan sebanyak 4 kali dalam seminggu. Disela-sela kesibukan latihan tersebut, salah satu sahabat muslimnya di Masjid bercerita kalau dia datang ke Masjid, dia selalu bilang bahwa dia ga punya waktu banyak hanya sekitar 5 menit saja, akan tetapi setelah sholat dan berdoa didalam masjid dia tidak menyadari menghabiskan waktu selama 1,5 jam. Teman-teman dilapangannya pun banyak yang bertanya tentang agama Islam kepadanya, dan dia merasa luar biasa senang untuk menjawab apapun pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

Edin DžekoCity dzeko

Edin Dzeko mempunyai keluarga yang punya nama-nama keren, ayahnya bernama Midhat, ibunya bernama Belma, dan adiknya Merima. Pemain yang mengidolakan Shevchenko dan AC Milan ini sangat didukung sepenuhnya oleh ayahnya karena sewaktu di Bosnia ayahnya selalu mengantarkan Dzeko latihan di klub. Hebatnya lagi selain menjadi pemain unggulan di Manchester City, dia juga fasih menguasai 4 bahasa: Bosnia, Ceko, Jerman, dan Inggris. Dia juga tidak ragu-ragu untuk mengangkat kedua tangannya didalam lapangan untuk berdoa. Dan karena kepribadiannya dan rasa toleransi yang tinggi, UNICEF mengangkat Dzeko untuk menjadi duta ambassador negara Bosnia. MasyaAllah..

Hatem Ben ArfaNewcastle _69845580_hatem-ben-arfa-getty2

Pemain kelahiran Perancis ini termasuk salah satu pemain Muslim yang berprestasi dan bermain untuk klub Newcastle United. Ben Arfa sebelumnya pernah memperkuat Olympique Marseille liga di negara Perancis. Dia pernah mengatakan dihadapan media bahwa saya percaya Tuhan (Allah SWT) tapi tidak menunjukkannya didepan umum. Selain Ben Arfa ada 6 rekan Muslim lainnya yang berjuang untuk tim Newcastle tersebut yaitu Papiss Cisse, Cheick Tiote, Massadio Haidara, Mapou Yanga-Mbiwa, Moussa Sissoko and Mehdi Abeid. Hal pertama yang membuat saya salut kepada tim ini adalah karena saking banyaknya Muslim, klub ini membangun ruangan khusus untuk sholat. Jadi sebelumnya para pemain Muslim hanya menggunakan ruang kosong di lantai dasar untuk sholat tetapi sekarang sudah ada ruangan khusus bagi mereka.. Alhamdulillah. Kemudian hal selanjutnya adalah saat investor dari tim ini telah setuju untuk menerima sponsor dari Wonga, lembaga keuangan non-bank yang memberikan bunga, kemudian ada pemain Muslim yang memboikot untuk tidak mau menerimanya sebagai sponsor. Seperti yang kita ketahui haram hukumnya mengambil bunga dari keuntungan atau disebut juga Riba. 

Kolo Habib ToureKoloToure Liverpool

Pemain yang pernah merumput di Manchester City dan Arsenal ini pernah bilang bahwa Agama Islam telah sangat membantu sekali untuk membuatnya menjadi pemain profesional terbaik disamping kerja kerasnya selama ini. Dia juga selalu menjaga puasa dibulan Ramadhan, dia beranggapan bahwa Puasa tidak mempengaruhinya secara fisik, malah membuatnya semakin kuat asal ada keyakinan yang besar terhadap sesuatu, karena manusia normal dapat bertahan lebih dari sehari tanpa minum air tambahnya. Luar biasanya, menurut kepala divisi kesehatan bernama Dr. Zafar Iqbal, di klub bermoto you will never walk alone ini terdapat makanan halal didalam kantinnya. Jadi untuk para pemain bola Muslim tidak perlu ribet bawa rantang dari rumah atau pesan dari restaurant halal. Allah SWT has make it easy for them.

Selain pemain-pemain diatas masih banyak nama-nama pemain hebat Muslim yang berlaga di liga Inggris contohnya Samir Nasri, Abou Diaby, Barcary Sagna, dan Yaya Toure. Dan tentunya mereka sedang berjuang untuk terus beribadah dan berdakwah dimanapun timnya apapun seragamnya. Because unity does not mean uniformity.

Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk tidak mempersulit dalam hal ibadah khususnya wajib dan sunnah. Jika memang ada sesuatu hal yang darurat dan tidak bisa ditinggalkan maka boleh menggantinya dikemudian waktu atau membayar denda. Misalnya musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan boleh menggabungkan sholatnya, seorang dokter boleh menunda waktu sholatnya apabila sedang mengoperasi pasiennya, saat bulan Ramadhan terkena penyakit atau perempuan yang sedang halangan boleh menggantinya dibulan berikutnya, bahkan saat melaksanakan umrah atau haji lupa seumpama terlewat salah satu wajibnya diharuskan membayar fidyah, dan masih banyak contoh lainnya. Terbukti bahwa Allah SWT menegaskan dalam surat Thoha ayat 2 dan 3 yang artinya “Kami tidak menurunkan Al-Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah, tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah)”.

Kesimpulannya adalah apapun profesinya hal pertama yang akan ditanya pada hari kiamat nanti salah satunya adalah agama. Maka sudah seharusnya kita hidup di dunia ini untuk terus menegakkan ajaran agama Islam. Dengan demikian pula yang namanya profesi itu tidak seharusnya mengalahkan prioritas utamanya. Jadi (khususnya) diri saya pribadi, dan teman-temanku semua, jangan biarkan dunia dan isinya melalaikanmu dari mengamalkan agama Allah, mari kita menjalankan dan menyebarkan agama Islam apapun pekerjaannya! Have a good day!

Salam Olahraga

@jaesarahman

4 thoughts on “Berkaca pada pemain bola liga Inggris

  1. Hi Jaesa,

    I can relate much with your writing as I wrote a research about foreign football players who work in Indonesia🙂
    Banyak pemain bola asing bertanya sama saya tentang sholat, puasa, bahkan tentang hijab.
    Dan saya sendiri juga sering kagum kalau lihat pemain Indonesia yang masih semangat latihan sambil puasa sunnah Senin-Kamis. Kadang kepikiran mereka kuat banget, apa ga haus yak, hehehe.
    Tapi memang bener, apapun profesinya, agama itu tidak bermaksud untuk membuat pengikutnya susah, tinggal gimana kita menyikapinya aja🙂

    Ditunggu tulisan berikutnya ya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s