Skotlandia: menjelajahi sensasi bagian Utara UK

Beberapa minggu kemudian pada bulan Mei 2013 setelah saya jalan-jalan dari Turki saya dapat undangan untuk menghadiri Kibar Gathering di kota Aberdeen. Kibar merupakan kelompok Muslim Indonesia seluruh UK yang biasa mengadakan acara Tahunan di kota yang terpilih. Kami rombongan dari kota Manchester berangkat dengan mobil yang berkapasitas 17 orang di kendarai oleh Pak Umar seorang mualaf ex-tentara Inggris suami dari salah satu jamaah pengajian. Acara ini berlangsung selama 2 hari jadi kita memanfaatkan waktu sebelum dan sesudah acara untuk jalan-jalan di kota Aberdeen ini. Aberdeen itu salah satu kota besar di Skotlandia dan punya nama lain Energy Capital of Europe setelah ditemukannya cadangan minyak di laut Utara. Jadi buat temen-temen yang mau ambil jurusan perminyakan cocok banget kuliah disini.

So these are some pictures at Aberdeen city:

Pertama kali saya sampai di kota ini pada pagi hari langsung singgah di pantai yang cuakepp banget. Pasirnya berwarna hampir keemasan dan bersih di bagian depannya ada taman bermain namanya Queens Links dalamnya ada macam-macam seperti roler coaster, restaurant, dan cinema. Dan disini juga nanti diadakan kompetisi sepak bola pantai antar warga Indonesia dari seluruh kota di Inggris. Banyak juga yang bermain layang-layang saat angin bertiup kencang, makanya disini termasuk pantai yang ada ombaknya. Karena kalo di bandingkan pantai Blackpool atau Liverpool keduanya ga ada ombaknya, hampir ga ada yang surfing, dan ga ada juga yg minta bantuan saat tenggelem hehe…

Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh keluarga Islam di Britania Raya dan menghadirkan 2 pembicara yang menurut saya cerdas yaitu Imam Shamsi Ali Bapak ini warga Indonesia yang menjadi Imam dan leader di Islamic Cultural Center, Mesjid terbesar di New York USA dan juga di Masjid Al Hikmah (masjid masyarakat muslim Indonesia) dan Syekh Abdurraheem Green seorang mualaf yang biasa dakwah Islam di UK dan juga di berbagai Negara di belahan dunia dari US sampai Australia. Setelah mendapat siraman rohani dan tentunya siraman makanan Indonesia yang lezat dan ciamik kita melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat menarik di kota Aberdeen dan juga Edinburgh.

Kota Aberdeen merupakan kota terbesar ketiga di Skotlandia setelah Glasgow dan Edinburgh, disebut juga sebagai kota Granite karena tampilannya kotanya yang khas dengan batu-batuan. Memang terlihat berbeda banget kalo dibanding dengan kota-kota lainnya di britania raya karena kebanyakan rumah-rumahnya disini berwarna hitam keabu-abuan. Saat saya berjalan-jalan di tengah kota yang indah ini terdapat beberapa patung tentang pahlawan dari Skotlandia yaitu Sir William Palace. Kalau pernah menonton film Braveheart yang dibintangi oleh Mel Gibson pasti paham bagaimana Sir William Palace berjuang keras dalam membela tanah skotlandia ini.

Saya dan rombongan singgah di Balmoral Castle dimana salah satu istana keluarga kerajaan Inggris sejak Tahun 1852. Areanya sangat luas sekali sekitar 49.000 hektar yang terdiri dari istana, halaman, kandang kuda, lahan pertanian, dan berbagai macam jenis pohon dan tumbuh-tumbuhan. Terdapat penjelasan sejarah tentang kuda-kuda yang dipakai oleh Ratu Elizabeth dan keluarga kerajaan lainnya, mereka memiliki kuda favorit masing-masing yang dikasih nama tertentu. That was fantastic castle trough the beauty city!

_DSC0971 _DSC0978 _DSC0996 _DSC1008 _DSC1012 _DSC1042 _DSC0969

Sebelum pulang ke Manchester kita singgah di kota Edinburgh, it is one of the worlds most beautiful cities whether it is art and culture or sights of historic. Yang menarik adalah letak city center ini karena terdiri dari perbukitan dan sungai jadi saat berada ditengah-tengahnya bisa melihat keseluruh area mulai dari museum, istana, bukit, dan sungai, absolutely breath-taking! Mungkin menurut saya ini seperti Yogyakarta di Indonesia karena memang memiliki ciri khas tradisional yang kental. Nah kalau kota Aberdeen sangat cocok buat belajar tentang perminyakan maka kota Edinburgh ini sangat cocok buat yang belajar art & design atau bahkan sejarah. Banyak tempat-tempat menarik seperti Scottish Parliament, National Gallery, Royal Botanical Garden dan tentunya Edinburgh Castle. Istana Edinburgh ini biasanya memiliki jam-jam tertentu untuk membunyikan tembakan seolah-olah seperti benteng yang selalu siap siaga disetiap waktu. Ada waktu-waktu terbaik untuk mengunjungi kota ini seperti pada musim panas dan musim dingin karena banyak festival yang ditampilkan, terlebih lagi saat dipenghujung tahun, selalu ada acara kembang api.

Di akhir perjalanan kita mampir untuk sholat di salah satu Masjid terkenal di Edinburgh dengan nama Edinburgh Central Mosque, and Masha Allah the building is wonderfully simple I’m loving it! Dan ternyata Masjid ini hampir 90% dananya dari King Fahd alias Raja dari Kingdom of Saudi Arabia. Ketika bertambahnya jumlah Muslim di sini, maka pemerintah kota Edinburgh membangun Masjid ini akan tetapi terhenti karena masalah dana sehingga terdengar beritanya oleh Raja Fahd. Pembangunan tersebut berhasil diselesaikan memakan waktu lebih dari 6 tahun dan menghabiskan biaya yang sangat besar sekitar 3,5 milliar Poundsterling. Kemudian pada tanggal 31 July 1998 Masjid ini diresmikan oleh Pangeran Abdul Aziz Bin Fahd yaitu anaknya King Fahd. Sebagai musafir kita sholat magrib dan isya’ di jamak setelah itu makan malam dan persiapan kembali ke rumah masing-masing di Manchester.

 

 

_DSC1064Fascinating Mosque in Edinburgh City

Contrast_picInside the Masjid

Sedikit foto-foto dari ‘the heritage city of Edinburgh’:

This slideshow requires JavaScript.

 

So… time is up and we are getting back to home. Sekian saja oleh-0leh dari Skotlandia, keep update with this blog karena masih banyak kota-kota di Inggris yang akan saya tulis😉 Wassalam

Salam Takzim

@jaesarahman

One thought on “Skotlandia: menjelajahi sensasi bagian Utara UK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s