Everything is simple for Allah

Bonjour! assalamualaikum universe!

Ada sedikit cerita dari 2 hari yang lalu pada hari kesukaan saya hari Jumat. Ada beberapa orang yang menyebutnya ALIF Alhamdulillah Its Friday atau Thanks God its Friday apapunlah itu sebutannya yang penting minumnya teh botol sosro hehehe. Pada pagi hari seperti biasa saya kekampus untuk belajar di minggu terakhir saya karena tanggal 18 Desember akan pulang kembali ke tanah air untuk berbagai macam keperluan. seperti biasa saya naik 2 bus yang berbeda yaitu dari rumah saya ke city center dengan bus nomer 135 kemudian ganti bus nomer 100 atau 67. Yaah.. bisa dibilang cukup jauh dan memakan waktu maka dari itu ada keinginan untuk pindah ke deket kampus. Setelah saya turun dari bus dan berjalan beberapa langkah dari tempat pemberhentian bus, tiba-tiba saya sadar kantong belakang saya tempat biasa menaruh dompet terasa kosong. Tanpa berpikir panjang saya cek semua kantong hingga tas mungkin lupa meletakkannya. Sayangnya tidak ada jadi sudah pasti tertinggal didalam bus. Kenapa saya berpikir tertinggal didalam bus? karena saya selalu memperlihatkan tiket bulanan bus kepada pak supir yang sedang duduk bekerja supaya baik jalannya~ duh.. jadi lagu ini…. oke lanjut lagi, agak sedikit lemes dan pasrah karena membayangkan bis yang sudah jauh pergi ditambah lagi berbagai kartu yang penting seperti student card, KTP, ATM, dll. But life must go on..

saya lanjutkan lagi kegiatan saya menuju kelas dan memikirkannya lebih lanjut, dalam benak saya saat itu “ah tenang saja ada Allah, pasrahkan sajalah”. Mungkin dampak positif dari menonton acara Ustad Yusuf Mansyur juga sehingga saya lebih tenang menghadapi cobaan dan mengimplementasikan untuk sedekah. Lalu diniatkan koin-koin poundsterling saya untuk dimasukkan ke kotak amal di masjid kampus. Dalam hal ini Rasulullah Saw kemudian menegaskan bahwa yang terlintas dalam hati, misalnya ada niat buruk, walau sudah terhitung, tetap tidak akan dicatat selama tidak dilakukan. In contrast, kalau ada niat untuk beramal kebaikan, walaupun belum dilakukan, Allah SWT mencatatnya sebagai satu pahala kebaikan. In addition, kalau niat baik itu langsung diwujudkan, dengan niat yang ikhlas karena Allah semata, niscaya pahalanya berlipat ganda. Inilah keuntungannya kita untuk selalu berniat baik setiap waktu.

Kebetulan saat itu saya student yang pertama kali datang ke kelas dan bertemu langsung dengan lecture beliau sangat perhatian terhadap setiap muridnya, dia dari kecil tinggal di Hong Kong dan Taiwan tetapi besar dan mengenyam pendidikan di Inggris. Dia menyarankan untuk segera menelpon bagian lost & found dari bus yang saya tumpang tadi. Terjadilah perbincangan singkat di telepon “Morning, i lost my wallet this morning” “alright, which bus?” “67” “okay, i will call you back in the next a half an hours”. Saya mikir apa begitu singkatnya laporan kehilangan? bahkan tidak nanya nama atau alamat saya? Yasudahlah percayakan saja pada ahlinya toh bisa ditunggu selama beberapa jam.

Saya kembali melanjutkan pelajaran dikelas dengan hati yang kurang nyaman dan ga tenang. Sembari melihat jendela diluar dan membayangkan betapa luasnya kota Salford ini dan berapa jauhnya dompet saya pergi. Akan tetapi saya ingat lagi bahwa Allah SWT sangat mudah untuk mengubah semuanya. Apapun memang harus diserahkan kepada Allah contohnya disini dompet dan berbagai macam isinya. Menurut surat Al-Ikhlas ayat 2 yang artinya “Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu” segala penciptaan langit dan bumi itu milik Allah, masa cuma balikin dompet aja susah sih.. Akhrinya saya pun zikir dalam hati, beberapa pendapat mengatakan bahwa zikir itu jalan terbaik untuk menenangkan diri dikala ditimpa musibah dan cobaan.

Setelah beberapa jam, telepon dari petugas bus tidak kunjung datang malah yang ada friend request dari facebook namanya Razia Nazir terlihat dari fotonya wanita paruh baya seperti orang India. Saya juga kurang paham terhadap diri saya kenapa mau confirm untuk menjadi teman di facebook walaupun tidak ada mutual friend-nya. Selang beberapa menit kemudian dia menulis sesuatu di wall “Have you lost your purse?” MashaAllah.. saya saat itu juga mengucap syukur didalam hati dan langsung menjawab “yeah obviously! Thanks God! did you find it?” lalu dia menjawab lagi “it is with me” Alhamdulillah singkat cerita kami janjian bertemu di depan MCDonald deket kampus pada jam 5 sore setelah dia pulang kerja. Pastinya dengan mengucapkan terima kasih banyak kepada orang tersebut.

Ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari pengalaman ini

Pertama, belajarlah untuk tidak meletakkan semua barang seperti tiket, atm, student card, ktp dalam 1 dompet. Ada baiknya dipisah dengan uang kas juga. Disamping terhindar dari kehilangan atau kecurian ini juga dapat melatih disiplin terhadap barang kita sendiri. Buat juga tempat khusus untuk dompet memasukkan uang receh atau koin agar mempermudah mencarinya. Ya.. walaupun seperti kaum hawa yang punya banyak dompet tetapi kaum pria juga boleh meniru sifat baik tersebut😀

Kedua, Apapun itu masalahnya serahkan saja kepada Allah SWT Tuhan yang Maha segalanya. Allah sangat mudah untuk menciptakan semuanya dan sebaliknya juga mampu untuk menghancurkannya dalam sekejap. “Everthing is simple for Allah”. Ditambah lagi kekuatan dari sedekah karena Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah” kalo diibaratkan sedekah itu seperti safety belt di dalam mobil, ketika rem mendadak akan menahan penumpang untuk tidak terjun bebas ke kaca depan mobil. At least kita sudah aman dari kebangkrutan, PHK, perampokan dan semua hal-hal buruk di dunia Hopefully.. InshaAllah

Sekian saja cerita singkat kali ini sampai bertemu lagi, thank you for having me, and Wassalamualaikum Wr. Wb

 

 

Leave a Reply

