Resensi Buku “13 Jurus Terlarang” Ippho Right

Dari namanya saja sudah bikin penasaran kan? Saya aja kepancing untuk membacanya nih. Yah seperti itulah judul-judul buku yang laris dipasaran lazimnya buku-buku mancanegara. Seperti teori-teori yang dijelaskan pada buku marketing pada umumnya, buku ini menjelaskan bagaimana caranya mendekatkan diri kepada pelanggan. Sangat cocok bagi para pemula dan berjiwa entrepreneur. Ippho Right membuat differensiasi dengan dalih pakar otak kanan, padahal saya uda tau duluan lho kalau otak kanan itu lebih penting dari otak kiri hehehe (congkak)… ada 13 point penting, mau tau? Hmm kasih tau gak yaa? Kasih tau aja deh biar semuanya senang😀

1. Humor

Hal yang paling pertama yang harus dilakukan adalah tertawa. Dijelaskan tokoh-tokoh pelawak yang digemari pada zamannya seperti tukul dan sule hingga pelawak luar negeri. Karena tertawa itu memiliki manfaat yang luar biasa dan menular lebih cepat daripada menguap.
2. Game

Ini bagian yang biasa dilakukan anak-anak dan memang mengasah otak kanan. Kebanyakan anak-anak mengerti teknologi dimulai dengan bermain game. Karena otak kanan tidak lepas dari cerita, imaginasi, kreativitas, dan intuisi yang bisa diasah dengan permainan. Kemudian juga ada kisah nabi Ibrahim yang mengalungkan kapaknya disalah satu berhala setelah beliau meratakan patung-patung kepunyaan raja Namrud.

3. Story

Pintar mengkomunikasikan dan juga bercerita dengan baik akan lebih terkenal dibandingkan kecantikan atau ketampanan. 2 wanita terkaya di dunia ditempatkan oleh Oprah Winfrey dan JK. Rowling dan mengalahkan kaum hawa lainnya seperti Madonna, Mariah Carey, dan Julai Roberts. Dijelaskan bahwa marketing yang paling baik adalah Word-of-Mouth (mulut ke mulut) yang dimana orang-orang bercerita tentang suatu produk dan kali ini saya sepaham banget! Karena skripsi S1 saya dulu meneliti tentang ini juga😀.
4. Metaphor

Artinya adalah kiasan contoh kata-katanya bak, bagai, ibarat, atau laksana. Para puitisi yang terkenal sangat pandai membuat kata-kata kiasan karena dapat menghibur, mendramatisir, dan menyederhanakan suatu hal. Dan otak kanan sangat berfungsi dalam hal membuat perumpamaan dan salah satunya membuat suatu kiasan-kiasan contohnya motto suatu produk yang ada di TV.
5. Creativity

Dijelaskan bahwa kreativitas bukanlah soal mengeluarkan ide aja tapi juga bisa memecahkan masalah, mengubah cara pandang, dan membuat perubahan. Kreativitas bisa membuat kesuksesan yang mngejutkan dan menakjubkan. Dan semua cerita dari tokoh-tokoh yang sukses berkat kreativitasnya seperti Galileo Galilei, Albert Einstein, Thomas Edison, Michelangelo, dan Pablo Picasso.
6. Visual

Sesuatu yang dapat digambarkan akan lebih mudah diterima dibanding tulisan. Film akan lebih laku keras dibandingkan buku-buku cerita karena lebih mudah dipahami oleh anak-anak. Begitu juga dengan perusahaan, perusahaan yang besar pasti mempunyai design, logo, font, warna yang dapat diterima masyarakat luas.
7. Music

Ada salah satu patriot Skotlandia, Andrew Fletcher yang menyarankan untuk menulis lagu dibanding membuat hukum negara. Otak kanan sangat berkaitan langsung dengan nada, lagu, musik, dan sebagainya. Bisa dilihat industri musik selalu tidak kehilangan inovasi untuk membangkitkan dunianya. Musik merupakan bahasa universal yang bisa diterima dimasyarakat dunia. Mulai dari dakwah, pekerjaan rutin, pelatihan sampai kampanye menggunakan musik didalamnya. Diwajibkan untuk punya 1 musik atau lagu agar bisa bergaul dan diterima di dunia.

8. Intuition

Kelebihan dari otak kanan juga bisa melihat sesuatu yang tidak terlihat. 3 hal yang harus dilakukan adalah pancangkan imajinasi, pancangkan visi, dan pancangkan intuisi. 3 hal tersebut juga telah dibahas didalam buku The Secret. Imajinasi dapat membuka pikiran manusia, setelah itu dibuatlah visi, dan intuisi dapat mengupas dan menguliti problema demi problema.

9. Synthesis

Sintesis terdiri dari 5 jenis yaitu generalist, crosser, tricker, connector, dan detector. generalist orang yang lihai dan piawai membawahi sejumlah bidang sekaligus, crosser itu orang yang berhasil pindah dari bidang satu ke bidang lainnya. Kalo tricker itu orang yang gesit menerima ketidakurutan, ketidakteraturan, dan ketidakpastian. connector adalah tipe orang yang jago menghubungkan hal-hal yang awalnya tidak ada hubungan. terakhir detector itu tipe orang yang jeli mengurai pola-pola kompleks.

10. Empathy

Agar disukai customer maka sebagai orang yang berhubungan langsun dengan konsumen haruslah Talk, sell, print, and call with empathy. Betapa pentingnya mendengarkan dan berbicara kepada konsumen dengan hati dan empati. Lebih bagus lagi jika konsumen bisa curhat kepada produsen. 2 quotes diakhirnya yaitu ‘Sympathy is empty without empathy’ dan ‘empathy is sister of hospitality’
11. Hospitality

Dalam industri keramahtamahan didahulukan otak kanan bukan otak kiri seperti juga touch bukan tech. bagaimana membuat para pengunjung yang datang akan merasa nyaman dengan situasi bisnis tersebut. Bukan hanya orang yang bekerja di pariwisata tetapi juga pengusaha, pengacara, pengajar, penyanyi, dokter, jurnalis, pialang, dan semua profesi yang menggunakan people contact tidak boleh lepas dari keramahtamahan.

12. Gratitude

Dijelaskan bahwa rasa bersyukur itu sangat penting perannya. Syukur bisa diuraikan menjadi proses menuju kekayaan material, mental, dan spiritual. Setiap kali mengucapkan kata ‘syukur’ disaat yang sama kita membekali diri dengan energi-energi positif.

13. Meaning

Angka 13 merupakan angka yang sial bagi bangsa Barat, tetapi tidak untuk bangsa Timur. Di wasiat terakhir ini diuraikan bahwa setiap individu harus memperjuangkan hidup dan menemukan makna hidup dan ini juga salah satu inventori otak kanan. 2 hal terakhir dari syukur dan pemaknaan hidup tidak boleh dilupakan karena semua agama telah meyakini hal ini.

Dihalaman belakang buku ini terdapat juga tips untuk melatih otak kanan dan juga ada biografi tokoh-tokoh idola Ippho Right seperti Affandi , Einstein, Aristoteles, Ary Ginanjar, Bob Tutupoli, Oprah Winfrey, sampai Tukul Arwana. I think this book is very recomended and maybe you can buy or just borrow from me🙂

4 thoughts on “Resensi Buku “13 Jurus Terlarang” Ippho Right

  1. Tampkanya 13 wasita ini buku menarik. Nanti saya ikut beli ah. Mau melatih otak kanan juga biar gak cepat pikun. Thanks atas infonya Mas🙂

  2. supian suri says:

    Alhamdulillah walau buku 13 WASIAT TERLARANG blm kebeli, tp udah dpt point2 pentingnya. Jd ga sabar pengen cepet2 beli. Thanks ya mas Jaesa atas info’y…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s